728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 28 Februari 2011

    Wehrkreise

    Jenderal Soedirman
        Dilihat dari asal katanya Wehrkreise berasal dari bahasa Jerman, yang berarti "Lingkungan Pertahanan". Wehrkreise ini merupakan suatu bentuk strategi militer yang diterapkan oleh TNI pada masa Indonesia mengghadapi Agresi Militer Belanda II (Desember 1948). Sejarah menunjukkan bahwa sistem ini merupakan pengganti sistem pertahanan konvensional yaitu "Sistem Pertahanan Liner" yang diterapkan TNI pada masa Agresi Militer Belanda I (Juli 1947).
        Sistem Pertahanan Linier ini berhasil dipatahkan oleh Belanda dalam Agresinya yang pertama, berdasarkan latar belakang ini kemudian Jenderal Soedirman menyususn rencana baru yang dikenal dengan strategi Wehrkreise yang diadaptasi dari sistem pertahanan Jerman pada masa PD II.
         Pemahaman atau makna dari sistem Wehrkreise ini sendiri adalah sebuah sistem pertahanan daerah untuk mempertahankan wilayah kepulauan atau propinsi yang dipimpin oleh seorang komandan. Komandan disetiap daerah pertahanan diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk menggelar dan mengembangkan perlawanan. Cakupan wilayah dari Wehrkreise ini meliputi satu karesidenan yang di dalamnya terdapat kekuatan militer, politik, ekonomi, pendidikan dan pemerintahan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar :

    1. Apakah mungkin kita mengenal siustem pertahanan secaman itu, seandainya kita tidak pernah di jajah ? Terima kasih.

      BalasHapus
    2. Seandainya kita tidak pernah dijajah oleh bangsa mana pun kita masih mungkin untuk mengenal sistem tsb, hanya mungkin kesempatannya tidak terbuka semasa penjajahan, mengapa demikian, karena dalam masa penjajahan kita memiliki interaksi sosial yang lebih luas dengan bangsa lain, kita mengenal akses ke luar ngerei, informasi dan pendidikan model barat, mungkin hal ini yang menjadi pertimbangan bahwa pada masa penjajahan ada segi positif yaitu kita menganal sisitem pertahanan tsb, walaupun penjajahan sangat tidak kita inginkan, terima kasih

      BalasHapus

    Item Reviewed: Wehrkreise Rating: 5 Reviewed By: Yulius Dwi Cahyono, M.Pd.
    Yulius DC. Diberdayakan oleh Blogger.
    Scroll to Top