728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 07 April 2011

    Arti dan Fungsi Kraton

    A.  Arti Kraton

    Secara umum Kraton diartikan “Istana”, apakah Kraton hanya sebatas memiliki arti Istana? Hal tersebut akan dibahas secara singkat dalam artikel ini. Arti Kraton yang akan dibahas dalam artikel ini ruang lingkupnya dibatasi pada Kraton Yogyakarta.
    Kraton Yogyakarta (Ngayogyakarta Hadiningrat)
    Kraton berasal dari kata ka-ra-tuan yang berarti tempat tinggal ratu atau raja. Kraton juga disebut dengan istilah kadaton yang berasal dari kata ke + datu + an. Kedaton memiliki arti tempat datu-datu atau ratu-ratu (raja-raja), dalam bahasa Indonesia disebut Istana, tetapi Istana bukan Kraton, karena istana hanya menunjukkan arti tempat tinggal raja sedangkan kraton memiliki arti yang lebih luas. 
    Kraton memiliki arti sebuah istana yang mengandung arti keagamaan, filsafat dan kulturil (kebudayaan). Dalam kalimat lain Kraton dapat diartikan lingkungan seluruh struktur dan bangunan wilayah kraton yang mengandung arti tertentu yang berkaitan dengan salah satu pandangan hidup jawa yang sangat esensial. Pandangan hidup tersebut adalah “Sangkan Paraning Dumadi” (bahasa jawa) yang berarti “dari mana asalnya manusia dan kemana akhirnya manusia setelah mati.”
    Kraton Yogyakarta penuh dengan arti yang disebut di atas. Hal tersebut dapat dilihat dari segi arsitektur bangunan, letak bangsal-bangsal, ukiran-ukiran, hiasan, dan warna gedung-gedungnya yang memiliki arti. Di samping itu juga dapat dilihat dari pohan yang tertanam di dalam kraton. Semua hal tersebut mengandung pesan tersembunyi yaitu memberi nasehat kepada kita untuk cinta dan menyerahkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, berlaku sederhana dan tekun, berhati-hati dalam tingkah laku kita sehari-hari dll.

    B.  Fungsi Kraton
    Fungsi Kraton dapat dikategorikan menjadi dua yaitu fungsi kraton pada masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dan pada masa kemerdekaan Republik Indonesia.
    1.      Pada masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia
    a.       Sebagai tempat tinggal raja dan keluarganya
    b.      Sebagai pusat pemerintahan
    c.       Sebagai pusat kebudayaan dan pengembangannya
    2.      Pada masa kemerdekaan Republik Indonesia
    a.       Sebagai obyek wisata dan pengembangan ilmu pengetahuan
    b.      Sebagi Museum Perjuangan Bangsa
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar :

    1. yuk liburan ke Jogja bersama Dunia Wisata di www.duniawisataku.com check this site!!

      BalasHapus
    2. Thanks a lot...for yulius dwi cahyoni...nice-_ :-)

      BalasHapus
    3. sangat membantu, terima kasih banyak pak

      BalasHapus

    Item Reviewed: Arti dan Fungsi Kraton Rating: 5 Reviewed By: Yulius Dwi Cahyono, M.Pd.
    Yulius DC. Diberdayakan oleh Blogger.
    Scroll to Top